Cincin Kawin Paladium: Emas Atau Bukan?


Email This Post

Pertanyaan:

Kami hendak menikah sedang mencari cincin kawin. Permasalahannya untuk laki-laki bolehkah menggunakan bahan campuran paladium (campuran paladium dengan emas putih dengan komposisi +/- 50%)?, Jika tidak adakah solusi lain? Jazakallahu Khairon Katsiro

Rian Valentino

Jawaban:

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Dalam nikha secara Islam, yang dibutuhkan adalah mas kawin. Mas kawin sendiri sekedar istilah dan tidak harus emas bentuknya. Karena dalam istilah bahasa arabnya disebut mahar, nihlah, shodaq, ajr, aridhah, ‘aqr dan seterusnya.

Sedangkan cincin kawin bukanlah bagian dari syarat pernikahan. Bahkan sebagian ulama memakruhkan cincin kawin dan tukar cincin saat menikah, karena itu merupakan produk dan budaya dari luas Islam.

Meski demikian, bila cincin emas itu tidak dipakai oleh laki-laki, maka tidak apa-apa hukumnya. Karena yang dilarang sebenarnya adalah seorang laki-laki memakai emas, baik untuk perhiasan badan atau pakaian. Rasulullah SAW telah melarang emas dan juga sutera bagi laki-laki baik saat menikah atau sehari-sehari.

Mengenai paladium yang dicampur dengan emas putih, kami masih mencari informasi lebih lanjut tentang hakikatnya, apakah masuk dalam kategori emas yang diharamkan untuk laki-laki atau tidak?

Namun untuk keluar dari masalah itu, kalau pun menggunakan paladium itu, maka janganlah dikenakan di jari bagi laki-laki. Karena yang dilarang itu memakainya dan bukan memberikannya sebagai mahar.

Wallahu A‘lam Bish-Showab,

Wassalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

http://syariahonline.com/new_index.php/id/5/cn/364

Dipublikasikan pada: 23/3/2007 | 06 Rabbi al-Awwal 1428 H | Hits:
Email This Post Kirim ke teman | Print | Trackback | del.icio.us | Ke atas

Ada 18 Komentar:


  1. BAMBANG SUWARNO menulis:

    Saya berprofesi sebagai tukang mas,saya mempunyai beberapa pertanyaan untuk saudara:
    1. saya berlokasi di Surabaya,dimana
    saya dapat membeli/memesan paladium?
    2. apakah nikel bisa dilebur menjadi satu dengan mas kuning untuk mendapatkan warna yg putih? apakah ada nikel khusus yg dicampurkan di mas?
    Bambang suwarno


  2. kiki menulis:

    saya minta alamat/toko yang menyediakan paladium/titanium yg berlokasi di surabaya. Karena dari beerapa mall di surabyaa yg sudah saya kunjungi tidak ada yg menyediakan logam paladium.

    saya tunggu informasinya. Terima kasih


  3. wardha menulis:

    setahu saya di mall BG junction ada toko yang menjual kebetulan kami juga memesan cincin paladium di toko itu juga nama Tokonya Indoseni jewellery lt 2 (ground level A 2B)
    nomor telp 031-5347702..

    semoga bisa membantu


  4. Purple Orchid menulis:

    Saya sudah memesan cincin paladium di indoseni jewelry beberapa minggu yang lalu untuk cincin pertunangan, dan harga disana per gram nya disamakan dengan harga emas pasaran. Namun yang sdikit saya sayangkan… terdapat goresan2 di permukaan cincinnya, sehingga tidak halus jika diamati lebih lanjut. apakah semua paladium yang dibentuk susah sehingga kurang bagus teksturnya?


  5. amik menulis:

    nek gak tau gak usa kasi solusi po’o. gak usah kemeruh lah……..


  6. leo menulis:

    saya memiliki palladium, bila ada yg berminat hub. saya by e-mail di atas


  7. putri menulis:

    kalau bahan selain palladium apa ya?
    mungkin platinum atau titanium?
    ada yg tau gak di sby yg jual dimana?

    @leo>palladiumnya masih ada kah? dijual harga brapa? bisa minta no.yg bisa dihub.i?


  8. leo menulis:

    @putri
    masih ada, hub saya di 02198904953


  9. muthmainnah menulis:

    mohon infonya untuk beberapa alamat toko cincin pernikahan titanium untuk kawasan surabaya.


  10. Cincin Kawin Palladium D10 | cincinkawinpalladium menulis:

    […] Cincin Kawin Paladium: Emas Atau Bukan? | Anugerah & Hendra […]


  11. cincin kawin menulis:

    Banyak yang bisa di buat berdasatkan model 2 cincin kawin yang di inginkan coba deh masuk ke
    http://cinxinkawinpaladidium.blogspot.com banyak yang aneh dan ada workshop pembuatannya


  12. surya menulis:

    nah untuk membantu pengetahuan tentang palladium dan emas putih saya mau berbagi, palladium dan emas putih adalah logam yang berlainan, klo palladium dia masuk dalam platinum group metal dalam tabel periodik lambang unsurnya Pd yang sifatnya anti oksidasi anti alergi, jadi awet dan tahan lama,klo emas putih ada 2 versi, pertama emas kuning 18k dilapis rhodium jadi putih, ada juga emas 18k campurannya palladium warnanya juga putih, perbedaannya adalah klo dilapis rhodium dia tidak tahan lama dan kembali menguning, klo dicampur dengan bahan standard UK dia selamanya putih, untuk jangka pendek emas putih standard UK memang mahal tapi untuk jangka panjang dia perawatanya lebih simple dan murah karna tinggal polish atau cuci saja tidak perlu lapis ulang seperti emas putih versi indonesia


  13. pusat cincin kawin menulis:

    kami menjual cincn perak, palladium, dan emas. Barangkali berminat silahkan mampir ke pusat cincin kawin murah


  14. ivan menulis:

    Saya pernah buat cincin paladium di nawwis jewelry. Kalo ga salah webnya http://www.nawwis.com . lumayan banyak desainnya. kalo saya dulu 3 minggu jadi. gatau deh sekarang. Alamatnya di rungkut, saya lupa pastinya, buka aja webnya.


  15. Ida menulis:

    Aku bikin cincin Paladium di Nawwis.com. Di surabaya susah cari cincin paladium. Saya ikut kata temen aja. Bagus hasilnya. Halus tp ngga norak.


  16. Robi warungka menulis:

    Ternyata udah banyak yang bikin di nawwis ya.. gw bikin di nawwis udah 6 bulan yang lalu.. dulu masih ngantri 1 bulan lebih, soalnya rame ramenya. Sekarang 3 minggu udah jadi aja.. Kalo gw yang penting ada sertifikatnya.. di nawwis kalo ga salah, di sertifikatnya ada garansi uang kembali kalo barang ga sesuai kadar dan beratnya..


  17. agus menulis:

    dulu pernah bikin di http://www.spillasilver.com


  18. Benny menulis:

    Well.. saya jarang ngerekomendasiin sih, tapi saya puas bgt pesen di NAWWIS WEDDING RING. http://Nawwis.com websitenya. Pelayanan dan kualitas cincinnya yang bikin seneng. mas anugerah coba cek aja.

Beri Komentar

Anda dapat menggunakan tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


Semua komentar yang masuk akan kami review dahulu sebelum ditampilkan di sini.